Festifal 1000 Ikan Asap Desa Dermolo 2018

POTENSI UNGGULAN “Dermolo Sebagai Sentra Ikan Asap Jepara”

Berkunjung ke Jepara, jangan lupa mampir ke desa Dermolo kecamatan Kembang untuk menikmati ikan asap. Tentu ikan asap ini belum bisa disantap langsung. Perlu dimasak lagi dengan bumbu. Hanya perlu diketahui, untuk menikmati belanja ikan asap di Jepara, maka desa Dermololah pusatnya.

“DERMOLO BERCAHAYA” adalah tulisan pertama yang menyambut pengunjung ketika memasuki desa dermolo. Harapannya semboyan tersebut diharapkan memang benar-benar merefleksikan kondisi desa, khususnya sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan potensi desanya.

Desa Dermolo terletak di sebelah Utara Kacamatan Kembang Kabupaten Jepara. Desa yang berjarak ± 8,2 km dari Kecamatan Kembang ini memiliki sejarah yang unik, dimana nama Dermolo itu sendiri berasal dari nama sebuah tumbuhan yang dahulu kala banyak terdapat di desa ini tetapi sekarang sudah jarang bisa ditemui keberadaannya karena banyak di dominasi oleh hutan karet, jati dan tanaman perkebunan lainnya.

Di Dermolo saat ini terdapat lebih dari 20 kelompok pengusaha ikan asap. Masing-masing kelompok ini biasanya beraktifitas di rumah-rumah gubuk yang agak berjarak dari rumah tempat tinggal. Hal ini dikarenakan proses pengasapan yang bisa saja mengganggu aktifitas rumahan, misalnya ketika ada tamu di rumah, atau membuat pakaian jemuran berbau ikan.

Asap mengepul tebal, semerbak aroma harum ikan yang baru selesai dipanggang menyatu dengan udara disekitar pengasapan. Fenomena rutin tersebut terjadi setiap hari, antara pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore. Warga yang terlihat memotong kepala, membuang kotoran, mengiris tipis dan memanggang ikan adalah potret desa yang telah turun temurun menjadi tradisi warga desa.

Pengasapan ikan adalah potensi unggulan yang dimiliki Desa Dermolo, selain karena telah turun temurun menjadi bagian dari kebudayaan warga, tak kurang dari 60 tempat pengasapan ikan yang tersebar di berbagai penjuru desa adalah bukti nyata warga menggantungkan hidupnya. Bentuk usaha ini adalah usaha keluarga yang beranggotakan 4 orang atau lebih anggota keluarga, apabila diketemukan orang lain atau tetangga yang ikut dalam suatu usaha tersebut maka itu termasuk dalam pegawai tambahan yang dibutuhkan hanya saat terjadi surplus ikan yang harus diasap saja.

Usaha Pengasapan Ikan terdapat rata-rata 5-6 orang yang bekerja pada satu unit usaha tersebut yang pada saat mendapatkan stok ikan berlebih akan mengajak tetangganya untuk membantu dan memberi “uang jajan” kepada mereka, padahal terdapat sekitar 60 unit Pengasapan Ikan. Pengasapan ikan ini juga merupakan UKM unggulan yang sudah menjadi tradisi turun-temurun dari warga Desa Dermolo dan sangat terkenal di penjuru Jepara. Perlu diketahui juga bahwa selain usaha Pengasapan Ikan, terdapat pula usaha unggulan lain seperti keripik singkong, sale pisang, menggleng, kue kering (kue lebaran musiman), pembibitan jamur, Dekem Ayam,  dan rosok atau penjualan barang bekas dan daur ulang.

Pada pengasapan ikan ini nyaris tidak terdapat permasalahan yang berarti. Sistem jual putus yang dilakukan warga produsen ikan asap kepada distributor atau dijual langsung kepasar sangat memudahkan mereka dalam penjualan ikan dimana dari dahulu hingga sekarang tidak pernah ada satupun ikan yang mubazir atau tidak terjual. Peralatan yang tersedia pun sudah cukup memadai dengan mendapat bantuan dari Dinas Perikanan Jepara berupa oven, beberapa ember besar, tong untuk tempat ikan dan alat lain, menjadikan pengasapan ikan ini semakin mapan. Kalau pun ada permasalahan adalah hal yang wajar bahwa tidak setiap hari ikan didapatkan dalam volume dan jumlah yang sama banyaknya. Ini dipengaruhi oleh keadaan alam dan situasi pada tempat pelelangan ikan yang menjadi supplier ikan asap. Variasi ikan juga cukup berpengaruh dimana ikan Cucut, Pari dan Tongkol adalah komoditinya dengan urutan harga jual dari yang termahal hingga termurah.

FESTIFAL 1000 IKAN ASAP

Dalam rangka untuk mempromosikan Desa Dermolo sebagai Sentra pengasapan ikan dengan diprakarsai oleh Tim KKN UNISNU Jepara 2018 yang bertugas di Desa Dermolo dengan dukungan penuh dari PEMDES Dermolo dan segenap lapisan masyarakat diadakanlah Festufal 1000 Ikan asap yang pertama pada tanggal 25 Februari 2018.

Acara di gelar di lapangan Utama Sepak Bola Desa Dermolo yang diikuti oleh semua wilayah RW dengan mengirimkan ikan asap yang sudah dimasak dengan kreasi masakan yang berbeda-beda dari masing-masing RW. Karena Desa Dermolo ini terbagi menjadi 8 RW maka masing-masing membawa 125 potong ikan asap yang sudah siap saji total keseluruhan ikan ada 1000 ikan asap siap saji dan GRATIS untuk masyarakat juga tamu undangan.

Dakam acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan band dari remaja-remaja dari dermolo, acara dimulai jam 09.00 s.d 16.00. Acara seperti ini diharapkan akan semakin meningkatkan promosi potensi desa yang ada di Dermolo sehingga ke depan akan menjadikan tradisi dan menjadi tempat tujuan wisata khas pengasapan ikan.

GALERY VIDEO

GALERY FOTO

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan